Selamet Dateng di Web nya BiLLy,, yang Enjoy ya Baca nya !! Hehehehe

05 Maret 2011

Behind the Making of the Game ( Part III )

     Udah baca postingan yang kemaren belom yang Part I dan part II ?? Kalau mank belum dibaca juga yaa, biar pengetahuan tentang game nya ga cuman setangah-setengah. Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang game lebih lanjut, diantaranya adalah arti dari teknologi game, teknologi-teknologi yang digunakan dalam pembuatan game, tahap-tahap dalam pembuatan game.Pertama-tama kita akan membahas tentang arti dari teknologi game. Teknologi game adalah perangkat-perangkat yang digunakan dalam pembuatan sebuah game. Teknologi yang digunakan bisa berupa system-sistem yang diguanakan maupun perangkat keras ataupun perangkat lunak yang digunakan untuk menunjang dalam pembuatan game tersebut.

TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN DALAM PEMBUATAN SEBUAH GAME

         Seperti yang saya sudah katakana sebelumnya, teknologi yang digunakan dalam pembuatan game bermacam-macam, salah satunya adalah software alias perangkat lunak. Biasanya para programmer menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic, C, Java, Delphi, Phyton dan lain sebagainya.

        Selain itu, saya juga mempelajari game engine “Renpy” yang berbasiskan bahasa Python. Game engine ini mempunyai User Interface yang cukup menarik, sehingga para game maker tidak bosan dengan tampilan yang full koding saja. Pada saat kita menjalankan game yang sudah kita buat, kita juga langsung dapat melihat koding dari tampilan game tersebut, itulah salah satu kelebihan dari Renpy itu sendiri. Disamping itu, jika kita ingin menggunakan OpenGL (Open Source) untuk membuat grafik 3D, saya pun sudah pernah menggunakan OpenGL ini untuk membuat gambar grafik sederhana berupa sebuah kubus 3D dengan bantuan IDE Pelles C.
Jika dari segi software yang lain, ada yang berupa Open Source seperti Blender, namun ada juga yang mempunyai license tersendiri seperti 3Dmax. Melakukan proses rendering memakan waktu yang cukup lama, terlebih lagi jika komputer yang kita gunakan sangat standar atau minim untuk spesifikasi multimedia. Ini juga bisa dilihat dari segi perangkat keras yang digunakan, yaitu VGA (Video Graphic Card), RAM (Random Acces Memory), dan juga Processor yang digunakan. Komputer yang digunakan untuk membuat sebuah game yang bagus harus memiliki spesifikasi multimedia yang sangat tinggi, jadi sangat disarankan untuk tidak menggunakan komputer dengan spesifikasi standar.

TAHAP-TAHAP DALAM PEMBUATAN SEBUAH GAME

1. Tentukan Genre Game
Tahap yang paling awal dalam pembuatan sebuah game adalah menentukan genre atau tema dari game tersebut. Banyak hal yang dapat menentukan tema apa yang kita gunakan untuk membuat game tersebut, mulai dari game-game yang sudah pernah kita mainkan ataupun dari pengalaman-pengalaman atau imajinasi kita sendiri. Untuk genre game itu sendiri sudah dibahas pada tulisan sebelumnya.

 2. Tentukan Tool yang ingin digunakan
Ada 2 langkah yang dapat kita gunakan dalam memilih tool untuk membuat sebuah game, antara lain bahasa pemrograman ataupun software yang sudah disiapkan untuk membuat game. Jika Anda adalah seorang programmer, Anda bisa menggunakan bahasa pemrogrman yang Anda kuasai. Bagaimana dengan orang-orang yang masih awam dengan bahasa pemrograman? Kita dapat menggunakan software-software tersebut, tools tersebut sangat mudah digunakan oleh siapa saja. Jadi, semua orang dapat membuat kreasi gamenya sendiri tanpa harus menguasai seluk-beluk dari bahasa pemrograman.

 3. Tentukan gameplay game
Gameplay yang dimaksudkan disini adalah alur atau system dari game itu sendiri. Biasanya tampilan-tampilan yng menarik dan dekat dengan kehiduapn sehari-hari akan banyak diminati oleh para pecinta gamers, terlebih lagi jika game tersebut hanya memerlukan spesifikasi yang standar untuk memainkannya.

4. Tentukan grafis yang ingin digunakan
Secara sederhana grafis dapat dibagi menjadi 3 macam, antara lain :

Kartun
Semi-real
Real
Disarankan untuk memilih game dengan grafis yang sesuai dengan tools yang Anda miliki, agar nantinya Anda sendiri akan merasa nyaman dengan tools tersebut.

 5. Tentukan suara yang ingin digunakan
Pada bagian inilah sebaiknya Anda bekerjasama dengan pihak yang lebih ahli jika Anda tidak mengetahui tentang dasar-dasar penentuan suara dalam sebuah game. Karena percaya atau tidak, penentuan dan penempatan suara dalam sebuah game mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam meningkatkan ketertarikan para gamers terhadap game yang Anda buat.

6. Lakukan perencanaan waktu
Sepertinya hal ini adalah hal yang sepele, namun jika Anda menyepelekan hal ini dan tidak bisa memanage waktu. Maka Anda tidak akan focus pada game yang Anda buat dan nantinya game yang Anda buat akan kurang atau bahkan sama sekali tidak diminati oleh para gamers.

7. Proses pembuatan
Sebelum melakukan proses pembuatan sebuah game, adakalanya Anda benar-benar sudah mempersiapkan tool-tool yang nantinya akan Anda gunakan dalam pembuatan sebuah game. Atau jika Anda tidak mampu untuk menyediakan semuanya, Anda dapat meminta bantuan dari orang-orang sekitar Anda.
 

8. Lakukan publishing
Jika Anda sudah merasa game yang Anda buat sudah cukup berkompeten, tidak ada salahnya Anda mulai mempublikasikan game yang Anda bua tersebut. Proses pempublikasian dapat dilakukan dengan cara melalui media-media elektronik, cetak dan sebagainya, ataupun Anda dapat melakukannya melalui teman-teman Anda secara mulut ke mulut.


Jangan Lupa beli buku nya yaaa ;)

0 komentar:

Posting Komentar

Jagalah perkataan anda,,
Karena sesungguhnya orang itu,,
di lihat dari perkataan nya juga